BUKU KAIN: TIRUKAN SUARAKU
Ukuran buku ditutup: 10 x 15 cm; buku dibuka: 22 x 15 cm, 8 halaman
Harga Rp. 28.000

Manfaat mainan:
Buku kain dari bahan kain katun 100% dan isi busa lembut. Dapat menjadi media untuk bermain dan belajar. Mengajak anak untuk melihat gambar-gambar binatang sambil mengenal suaranya. Dapat dicuci jika kotor. Cocok untuk usia 6 bulan ke atas.

Manfaat umum buku kain sebagai mainan edukatif anak adalah sbb:
1. Mengajak anak mengenal buku lebih dini sehingga dapat melatih anak menjadi gemar membaca.
2. Buku kain lebih lembut dan tidak mudah sobek dibanding dengan buku dari kertas. Selain itu buku kain bisa dicuci jika kotor.
3. Gambar dan warna cerah akan menarik perhatian si kecil untuk meningkatkan kemampuan penglihatan dan melatih pengenalan warna.
4. Melatih kemampuan motorik dasarnya seperti membuka-menutup buku dan membalik halaman per halaman, kegiatan ini dapat melatih koordinasi mata-tangan anak.
5. Melatih anak untuk menggunakan jari-jarinya dan mengkoordinasi kedua tangannya dalam setiap aktivitas.
6. Anak akan belajar mengenal dunia dan menikmati gambar-gambar lucu di dalam buku dan berusaha memahami gambar tersebut.
7. Melatih memori secara visual melalui gambar dan warna.
8. Mengajak anak melihat gambar sambil mendengarkan suara dapat melatih kemampuan interpersonalnya. Belajar untuk merespon orang lain.
9. Gambar yang ditemukan dalam setiap halaman dapat memperkaya perbendaharaan katanya.






Cara Bermain:
1. Ajaklah anak untuk membolak-balik halaman buku. Biarkan anak bermain dan mengeksplorasi buku ini sekehendak hatinya. Warna-warna yang cerah pada buku ini biasanya membuat anak Anda tertarik untuk memegangnya.
2. Setelah anak Anda sudah mulai mengenal baik buku ini
, mulailah untuk menunjukkan nama-nama gambar binatang yang ada dalam buku tersebut.
3. Selanjutnya mulailah diajarkan bagaimana suara atau bunyi binatang tersebut. Mintalah anak untuk menirukan bunyinya.
4. Biarkan anak memperhatikan dan menyentuh gambar tersebut sambil menirukan bunyinya. Semakin sering mengajak anak bermain suara, anak akan tertantang untuk mengikuti suara binatang yang diajarkan.
5. Ujilah kemampuan anak dengan bertanya, misalnya: "Mana harimau...?" Jika anak salah menunjuk gambar, beritahu gambar yang benar. Lalu minta anak untuk membunyikan suaranya: "Bagaimana suara harimau sayang...?" Jika anak salah membunyikannya, beritahu bunyi yang benar. Demikian seterusnya.
4. Yang jelas, selain sebagai media untuk pengenalan binatang dan juga melatih daya ingat (memori), buku ini lebih menekankan pada konsep mainan yang aman, menarik, menghibur dan menyenangkan.

kembali